8 TAKTIK PEMASARAN LOW-COST
01 Facebook 2/10 Buat konten yang relevan, menarik, dan dapat dibagikan. Dari infografis hingga survei dan statistik hingga sumber daya dan peta pasar, ada beberapa jenis konten yang dapat Anda buat sendiri yang dapat menarik perhatian calon konsumen kepada produk Anda. Semakin baik kualitas konten, semakin besar kemungkinan keterlibatannya di situs sosial Anda dan dengan media / pers, dan semakin besar peluang untuk dibagikan. 02 Grow your social channels organically Bangun hubungan baik dengan konsumen yang potensial dan dengan konsumen yang sudah dimiliki. fokus pada penandaan influencer atau mitra, dengan cermat meneliti hashtag niche Anda, dan bagikan konten Anda di komunitas seperti grup Facebook dan LinkedIn. Dengan demikian, Anda dapat sangat memperluas jangkauan dan meningkatkan audiens yang berpotensial. 03 Develop an email workflow and plan. Pemasaran melalui e-mail memang gratis, tetapi butuh waktu untuk membangun daftar konsumen Anda. Data yang Anda simpan tentang pelanggan Anda dapat membantu Anda untuk lebih menargetkan segmen tertentu dengan konten yang sesuai dengan mereka. Memanfaatkan alat customer relationship management (CRM) gratis, seperti HubSpot, dapat membantu Anda melacak kualitas pelanggan yang berbeda dan membuat daftar yang sesuai. 04 Ceritakan kisah Anda kepada media. Tidak setiap perusahaan mampu menyewa agen untuk membantu menyebarkan berita, perusahaan dapat menemukan jurnalis yang tepat yang menulis tentang tema serupa dan menyampaikan berita langsung kepada mereka melalui email atau mengirimkan ke meja berita. fokuslah pada mengapa pesan Anda relevan dengan masa sekarang dan mengapa orang harus peduli tentang cerita Anda. Melalui saluran ini, Anda berpotensi untuk terjun ke percakapan yang sesuai untuk berbagi pengetahuan. 05 Gunakan SEO Search Engine Optimation (SEO) dapat membantu menjaring orang-orang yang sedang membutuhkan produk/layanan Anda secara organik, tetapi proses pembuatannya bisa memakan waktu lama, jadi penting untuk memulainya lebih awal. Mulailah dengan meneliti kata kunci yang dicari pelanggan Anda, Kemudian perbarui konten yang ada dan kembangkan konten baru, tingkatkan otoritas domain Anda dengan mendapatkan lebih banyak tautan balik ke situs web Anda dengan meminta mitra, penyedia, asosiasi, dan investor Anda untuk menautkan ke halaman Anda. 06 Buat acara secara virtual, webinar, atau kelas kursus yang relevan dengan bisnis Anda. Acara virtual telah menjadi cara yang semakin populer saat ini. Tidak perlu mencari dan membayar tempat sewa, dan Anda dapat melintasi batas geografis untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Acara digital memungkinkan Anda berbagi kasus penggunaan dan testimonial dengan cara yang kredibel dan otentik dengan mereka yang telah memilih dan tertarik dengan perusahaan Anda. 07 Partner up to co-market. Pemasaran kemitraan memungkinkan Anda mengakses basis yang lebih luas dengan bekerja sama dengan perusahaan atau grup lain yang memiliki target audiens serupa tetapi tidak bersaing dengan merek Anda. Strategi pemasaran mitra yang lebih rumit mencakup program afiliasi, penawaran bundling, dan kemitraan distribusi. Dengan mengumpulkan sumber daya dan audiens, perusahaan dapat mengakses jangkauan yang lebih luas, yang pada akhirnya mengarah ke jalur pertumbuhan yang lebih cepat. 08 Berkreasilah dengan pemasaran gerilya Terkadang, aktivasi pemasaran yang paling berdampak adalah yang menggunakan ide kreatif untuk mendapatkan wawasan pelanggan. Dari photo-bombing sebuah acara industri dengan penempatan produk hingga menulis lelucon di trotoar di depan distribusi ritel, kemungkinannya tidak terbatas dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Dampak dari beberapa kampanye ini jika menjadi "viral" bisa menjadi eksponensial.